Posted in pelangi senja, Untukmu

Tanggal Berapa Aku Lahir?

Kenapa harus galau dengan tanggal lahir??? Jadi begini, ini dimulai saat liburan panjang beberapa waktu yang lalu, entah ada angin apa ibuku tiba-tiba bingung bongkar-bongkar truk lemari nyari-nyari apa aja yang berhubungan dengan hari kelahiranku, dan pas aku Tanya “emang kenapa buk?”, beliau menjawab “kayaknya tanggal lahirmu salah deh” “hah???” haduh, tolong deh….. mau ada berapa macam rupa dan warna sih tanggal lahirku? Oke, galunya cukup, go on. Kenapa aku bilang ada beberapa macam? Itu karna tanggal lahirku yang aku tahu uda ada 2 macam, yaitu yang asli (katanya), sama yang di ijazah… hadeh….. dan sekarang ternyata salah lagi?? oOWWW….

Aku certain satu-satu deh asal muasal kenapa tanggal lahirku ada 2 macam warna (dan sekarang sudah jadi 3 warna) konon, beberapa tahun yang lalu saat anak-anak kecil sebayaku masuk TK, aku malah mau langsung SD, dan dengan ngotot gak mau masuk TK (entah apa yg ada di otakku waktu itu) dan jadilah ayahku pergi ke rumah calon salah satu guruku pada malam harinya, karna kebetulan beliau adalah temen ayahku. Beliau menanyakan berapa umurku, dan dijawablah umurku baru menginjak 5 tahun, dan apa yang terjadi? Beliau menyarankan agar aku jangan di daftarkan SD dulu, terlalu kecil katanya, karna aturan di calon sekolahku waktu itu, minimal umur 6 tahun, entah aturan apa itu (atau emang aku yg gak tau ada aturan kayak gitu?). ayahku pulang dengan tak membawa kabar baik, dan mencoba menjelaskanku agar aku masuk TK terlebih dahulu, emang dasar anak kecil mungkin aku malah nangis dan tetap gak mau masuk TK. Karna enggak tega atau nggak tahan liat aku nangis terus mungkin entahlah, ayahku kembali menemui si calon guruku itu, ayah menjelaskan aku yang udah lancar baca tulis,menghitung dan sudah hafal perkalian (itu ibuku yang ngajarin) bisa di masukkan SD, dan setelah negoisasi panjang, di terimalah aku untuk mendaftar di SD tersebut dengan syarat umurku harus di rubah (korupsi umur), menjadi 2 tahun lebih tua yakni berumur 7 tahun, dan parahnya lagi gak Cuma tahunnya yg berubah tapi juga tanggal dan bulannya. Oke lebih tua dua tahun di ijazah bukan masalah besar buatku saat SD, dan SMP, tapi saat aku mulai masuk SMA aku mulai merasakan dampak dari korupsi umur tadi, aku jadi sering bingung mau pake tanggal lahir yang asli 13 mei 1991(yg terakhir di ketahui ini juga bukan tanggal lahirku), atau 8 juli 1989 yg di ijazah (baru menghafal), pernah saat aku mengikuti lomba di UNISMA kalo gak salah, aku bingung nulis tanggal lahir di formulir, jadi aku Tanya aja sama resepsionisnya “mbak, ini diisi pake tanggal lahir asli apa yang di ijazah?” dan apa yang terjadi?? Mbaknya hanya melongo keheranan, hahaha dan jadilah sejak saat itu aku bawa fotokopian akta lahir (yg diganti sesuai ijazah) kemana-mana, karna aku gak hafal tanggal lahir yang di ijazah. Itu asal muasal umur yang aku korupsi dari jaman SD hahaha.

Sekarang kenapa berubah lagi? Begini ceritanya (haduh capek ngetiknya) saat ibuku bongkar-bongkar tadi dia hanya menemukan catatan tanggal lahirku yg memakai kalender jawa dan bukan yang masehi, jadi beliau ragu apakah 13 mei 1991 itu sesuai dengan yang di kalender jawa itu, usut punya usut ibukupun tak tinggal diam, beliau lansung meluncur kerumah tante dan kemudian nenekku untuk menceritakan masalah ini sekaligus menanyakan kebenaran tanggal lahirku ini, dan dengan tak menegetahui apa saja yang mereka lakukan, mereka menyimpulkan bahwa tanggal lahirku itu salah, dan bilang yang benar ternyata 19 mei 1991,, ya ampuuuunnnn. Karna penasara aku mulai searching di google dan mencocokkan apakah tanggal 19 mei di tahun 1991 itu adalah tanggal 5 dzulqo’dah di kalender jawa? Dan hasilnya???????? Taraaaaa….. itu BENAR. Jadilah rupa-rupa warnanya tanggal lahirku 8 juli 1989 (yang di ijazah), 13 mei 1991 (yang orang-orang di dunia tahu), dan 19 mei 1991(tanggal lahir asliku). Wah enak ya kalo 3 kali setahun aku ultahnya??? Hahaha, jadi buat teman-teman yang dulu pas lahir gak di catet tanggal masehinya, sebaiknya searching dulu deh, dari pada punya 3 tanggal lahir kayak aku.

*eh makasih loh ya udah baca (meski aku tau yang baca pasti langsung ngantuk)🙂

Penulis:

sooner or later it's over

49 thoughts on “Tanggal Berapa Aku Lahir?

  1. . aku ndag nyambung ma kalimat ‘jadi buat teman-teman yang dulu pas lahir gak di catet tanggal masehinya, sebaiknya searching dulu deh, dari pada punya 3 tanggal lahir kayak aku’
    . yang d searching apanya .. O.o
    . btw berarti tuaan kamuu mii ..😀 :p ilmii 89 kan .. xixiiix ..😀 :p

  2. Whahahahaaaaa,,,,, Apakah aku (bukan) orang pertama yang tau ini sebelum di post??😀

    *Tapi gimana ke depannya?? Emang boleh tanggal beda2??😦

    Btw Congrats yaaa, tunggu paketannya, Aku mau kirim beruang,😆

  3. kk saya mau tanya dong.. berarti kk merubah tanggal akta kelahiran sesuai ijazah ya? nah itu memang boleh? caranya bagaimana? saya punya ijazah sd,smp,sma tanggal lahirnya juga salah,kalau yg dirubah aktenya saja bisa nga??? terima kasih

  4. kk saya mau tanya dong..berarti kk itu merubah tanggal lahir di akte sesuaikan dgn ijazah ya? caranya bagaimana ya? saya punya ijazah sd-sma tanggal lahirnya ngk sesuai akte,kalau merubah aktenya bolehngak? caranya? terima ksih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s