Posted in Duniaku, pelangi senja

praktek kerja lapangan -.-

                pkl? ya pkl….. hari ini bisa dibilang adalah hari pertama saya memulai pkl, lebih tepatnya hari pertama dimulanya tekanan. siang tadi sekitar jam 11 an saya dan teman kelompok saya Rio pergi ke BPFK SURABAYA (balai pengamanan fasilitas kesehatan) karena setelah berminggu-minggu kami menunggu kepastian diterimanya proposal pkl  tak kunjung kami terima kabarnya, ya …. awalnya hanya sekedar berniat mencari kepastian apa kami diterima? lantas kapan kami bisa memulai? apa yang harus kami lakukan? apa yang harus kami persiapkan? apa yang akan kami kerjakan? karena memang itu yang mengganjal pikiran ahir-akhir ini sedangkan teman-teman yang lain sepertinya menikmati masa-masa pkl mereka. akan tetapi tanpa diduga kami langsung diajak berdiskusi (lebih tepatnya ujian mental ke fisikaan kami) dengan tema-tema yang cukup bervariasi yang menyangkut fisika kuantum (mata kuliah yang saya sudah lulus dengan terpaksa), fisika modern (tak jauh beda nasibnya dg fisika kuantum saya), partikel tuhan (yang sebelumnya hanya pernah mendengar tapi tak tau apa-apa tentangnya) sumber radioaktif alfa beta gamma (praktikum yang pas ujian saya sampai dijitak berkali2 sama dosen karena ketololan saya mengukur sumber radiasinya), survey meter (alat pengukur besar tingkat radiasi yang entah karena terlalu tololnya saya sampai baru dengar nama itu).

                           setelah berjamjam merasa tertekan, merasa bodoh, merasa gagal menjadi seorang fisikawan de-el-el akhirnya bapak pembimbing itu pun mengahiri diskusi kami dengan mengatakan bahawa tadi itu merupakan bagian dari pakl kami (hari pertama pkl), dan merencankan sederet rencana yang akan kami lakukan bersama dengan bahagia dan memantapkan kami kalau kami ini orang fisika lebih tepatnya S-1 fisika. “kalian orang s-1 fisika jadi bertindaklah sebagai seorang s-1 fisika, kalian bukan orang D-3 yang biasanya menjadi operatornya orang s-1, kalian analisator bukan operator” kata-kata beliau sudah cukup menjelaskan tentang apa yag akan kami lakukan selama perjalanan pkl yang menyenangkan ini, kami harus bisa menemukan suatu masalah yang tak bisa dianalisis operator dilapangan. well….. itu cukup membuat saya deg-degan.

                                   Belum selesai kekagetan kami, si bapak pembimbing menyebutkan jadwal rencana kegiatan pkl kami, minggu pertama studi pustaka tentang topik yang diberikan tadi, sambil menyicil membuat pendahuluan laporan (what???? kerja aja belum kok udah bikin laporan?), minggu kedua kita observasi ke lab-lab tapi tidak setiap hari karna masih harus dilanjutkan analisis keadaan, minggu ketiga revisi hasil laporan (what??????????????? udah harus direvisi?? apa yang direvisi?), dan minggu ke empat finishing laporan pkl kami (ada minggu ke tiga dan empat??????), sungguh kaget bukan maen saat kami mendengar beliau menyebutkan jadwal kami sampai minggu ke empat (artinya sebulan), karena ternyata bapaknya belum membaca proposal yang kami ajukan hanya 2 minggu pkl. saat kami menyampaikan keinginan kami yang hanya 2 minggu pkl, gantian bapakya yang kaget, saya mencoba mengcover keinginan kami itu dengan alasan-alasan yang sepertinya masuk akal,kami harus menyelesaikannya liburan ini tapi sepertinya………. nonsen😦 .

well………… saya menulis ini karena saya bingung harus bagaimana, membaca apa, menyicil dari mana, jadi saya alihkan saja firefox saya untuk menulis di blog. hehe….. lumayan kreatif  kan???

Penulis:

sooner or later it's over

32 thoughts on “praktek kerja lapangan -.-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s