Posted in Duniaku, Untukmu

Review Buku “Rencana Besar”

rencana besar

Tokoh utama dalam buku ini adalah Makarim, Makarim Ghanim, karena pengalamannya dalam memberi masukan bagi perusahaan-perusahaan besar dan pemerintah membuatnya cukup dikenal, Makarim diminta untuk mengusut kasus lenyapnya uang sebesar 17 milyar di salah satu bank ternama yaitu Universal Bank of Indonesia (UBI) oleh Agung Sudiatma seorang wakil direktur di bank tersebut.

Agung menemukan kejanggalan dalam pembukuan Bank tersebut, ada selisih 17 milyar yang hilang jika dibandingkan dengan laporan akhir tahun sebelumnya.

Rifad Akbar, Amanda Suseno, Dan Reza Ramaditya merupakan kandidat yang dicurigai sebagai pelaku penggelapan uang tersebut, Menurut Agung, masing-masing dari mereka memeliki motif dan akses untuk melakukan penggelapan. Rifad, seorang aktivis kantoran. Amanda, perempuan ambisius yang cerdas dan pandai memikat hati lawan bicaranya. Dan Reza, pegawai cerdas yang tiba-tiba mengalami demotivasi kerja tanpa alasan yang jelas. Anehnya, ketiga orang ini adalah pegawai-pegawai yang teladan di kantornya, bagaimana bisa mereka malah memiliki motivasi untuk mengambil dana milyaran rupiah?

Makarim kemudian Diam-diam ke Surabaya, satu demi satu berkenalan dan mengorek informasi dari masing-masing tersangka untuk menyelidiki kasus tersebut, dan akhirnya ia berhasil mengetahui siapa pelakunya. Namun ternyata kasus ini belum selesai sampai disini, misteri yang sebenarnya ternyata baru terkuak saat Susi, mantan istri Makarim, melaporkan kasus tahun 2006. Penyelidikan Makarim terhadap ketiga orang ini mengantarkannya pada intrik terselubung yang jauh lebih besar dari dugaannya.

Ada sesuatu di UBI yang tidak Makarim tahu.  ya Sebuah “Rencana Besar”…

Tulisan ini diikut sertakan dalam Call For Review : Bentang Pustaka🙂

Penulis:

sooner or later it's over

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s