Posted in Cerbung

#4

#1

#2

#3

“Dengar Mili.” Katanya. Cara ayah mengatakannya kali ini membuatku merinding ketakutan.

“Apa ayah? Ayah sedang mendengarkan apa?” tanyaku tak sabar.

“kau tak mendengarnya Mili?”

“Dengar apa ayah? Aku tak mendengar apapun, aku ingin pulang ayah.” Kataku ketakutan. Tapi ayah tak menjawab, pandangannya tetap kosong jauh ke dalam hutan. Ayah berkelana dengan pandangannya. Saat seperti itu aku seperti kehilangan ayahku, dan aku benci itu. Ayah mulai menggelengkan kepalanya, seakan mengatakan tidak pada dirinya.

“Ayo pulang Mili.” Katanya kemudian.

Malam semakin gelap waktu itu, aku tidak bisa melihat wajah ayah, tapi aku merasa ayah sudah kembali, dia mulai menggendongku kembali untuk pulang.

“Sekarang waktunya tidur Mili.” Kata ayah sesampainya dirumah. Ibu sedang membersihkan dapur. Seharian berada dirumah kakek dan nenek membuat ibu tidak sempat untuk membereskannya. Aku melihat ayah, dia meregangkan tangannya setelah mengecup kening dan menyelimutiku. Matanya berbinar senang seperti sedang mendapatkan sesuatu yang sangat penting.

“Aku mau ke gunung sebentar.” Kata Ayah. Aku bisa mendengarnya, aku belum bisa tidur.

“Apa? Malam-malam begini? Tidak Jaka, kau tidak boleh pergi kemana-mana” kata ibu muncul dari dapur.

“Malam ini begitu indah, langit sangat cerah dan kita bisa melihat bintang sekarang. Kau mungkin tak kan melihat malam seperti ini lagi.” Kata ayah.

“Tapi kau bisa mematahkan kakimu jika kau terpeleset pergi ke gunung dengan jalan setapak yang curam malam-malam begini.” kata ibu, meski kita semua tahu hal itu tidak akan pernah terjadi. Ayah hafal sekali dengan jalan-jalan menuju kedalam hutan. Dia akan baik-baik saja sekalipun pergi dengan mata tertutup.

Bersambung ….

Penulis:

sooner or later it's over

2 thoughts on “#4

Tinggalkan Balasan

