Posted in abu-abu, pelangi senja, Untukmu

Desember yang Basah

20141207_131641

Kau selalu heran mengapa aku sangat tidak suka hujan.

“Bukannya cewek selalu suka dengan hal-hal romantis seperti hujan?” katanya suatu waktu.

“Tidak, aku tidak suka hujan, apalagi musim hujan seperti sekarang ini, Desember yang selalu basah. Aku tidak suka.” Jawabku. Kau tertawa mendengar ucapanku.

“Bahkan cara bicaramu masih seperti dulu, selalu ada unsur puisi di dalamnya.” Katanya menambahkan.

“Apa maksudmu?”

“Desember yang selalu basah, tidak ada orang normal yang berbicara menggunakan bahasa itu, kecuali kamu.” Tambahnya, seraya mengerling padaku.

Dan caramu mengerlingkan matamu seperti tadi selalu membuatku jatuh cinta sejak dulu.” Batinku.

“Aku…. aku tidak bermaksud berpuisi.”

“Ah… sudahlah, sini ku tunjukkan sesuatu.” Katamu masih dengan tawa renyah mu, mengindahkan semua kebingungan yang tampak jelas sekali di wajahku, dan kau selalu bisa membuatku nyaman tanpa merasa malu.

“Apa?”

“ini istriku.” katamu seraya menunjukkan selembar foto seorang perempuan cantik berjilbab ungu. Aku hanya bisa diam dengan nafas tertahan. Kamu tidak menunggu jawabanku, kamu terus saja berceloteh tentang pertemuanmu dengannya dan bagaimana kalian memutuskan untuk menikah. tentang saat kamu berusaha mencariku karena kamu ingin aku orang pertama yang mengetahui berita pernikahanmu. tentang semuanya yang telah terjadi di kehidupanmu.

Sekali lagi, hujan selalu melengkapi penyeselanku. Sesak kembali menjalar dari ujung kaki dan berakhir di tenggorokan dan membuat nafasku tertahan. Gelombang pasang sudah siap menghempas di pelupuk mata.

Kenapa hujan selalu membuat bumi basah? dan bahkan saat ini dinginnya juga membuatku menggigil.

“Bagaimana?” Kamu membuyarkan lamunanku.

“Cantik, dia cantik sekali.” Kataku sambil tersenyum.

“Sudah kuduga kamu pasti menyukainya, aku senang mempunyai teman sepertimu, terimakasih sudah menjadi teman baikku.”

“sama-sama.”

Penulis:

sooner or later it's over

10 thoughts on “Desember yang Basah

Tinggalkan Balasan

