Posted in Duniaku, Scholarship, Taiwan, Uncategorized, Untukmu

How to Apply Master degree Scholarship in National Taiwan University of Science and Technology (Taiwan Tech)

csm_ntust_ib_courtyard-1_6231a38224

Oke, dari judul sudah oke ya haha

Sebenarnya sudah lama saya ingin menuliskan bagaimana pengalaman saya selama proses pendaftaran dan sampai akhirnya diterima di NTUST Taiwan, kenapa? sederhana karena banyak yang bertanya dan saya harus menjawab dengan jawaban yang sama berulang-ulang (alibi pemalas :mrgreen:)

Apa saja persyaratan untuk mendaftar?

Sebenarnya syarat untuk mendaftar di kampus ini gampang-gampang susah, kenapa? baik ini persyaratannya.

  1. Calon mahasiswa bukan warga negara Taiwan, Chinese Overseas, Hongkong, Macau, dan RRC.
  2. melakukan pendaftaran via online di sini ; membuat akun, melengkapi biodata, mengisi jurusan yang ingin di apply, dan submit sebelum deadline.
  3. setelah melakukan pendaftaran via online dan submit, akan ada form yang harus di download (Highlight kuning) untuk diikut sertakan pada pengiriman berkas via pos.form
  4. Siapkan berkas : Ijazah & transkrip (berbahasa inggris), surat rekomendasi dosen s1/s2 minimal 2 surat, sertifikat toefl, plan of study (ini hal penting, kemukakan latar belakang, motivasi studi di NTUST, rencana penelitian, manfaat penelitian bagi Taiwan dan Indonesia, tujuan penelitian, dan pengalaman penelitian), dan berkas-berkas yang di download dari website seperti pada point no. 3.
  5. Jangan lupa kirim berkas pada point no. 4 (bisa via Post, atau FEDEX ) harus sampai di taiwan sebelum deadline.
  6. Jika diterima akan anda notifikasi via email yang menyatakan anda lulus, seperti ini pada tanggal yang telah ditentukan

admm

mudah kan? tidak ada persayaratan toefl 550 atau IPK 3.- bukan?

Oke lumrahnya beasiswa-beasiswa luar negri mengharuskan pendaftarnya mempunyai nilai IPK yang aduhai dan nilai TOEFL yang masyaAlloh, sebut saja seperti LPDP, fullbright, chevening, ERASMUS MUNDUS dll, disitu anda diharuskan mempunyai nilai yang sangat tinggi dan rekomendasi dari orang-orang hebat (duh bagaimana nasib hayati kalau begini bang?) Untuk beasiswa di Taiwan terkhusus NTUST tidak ada persyaratan khusus mengenai hal-hal diatas, itulah kenapa saya sebut mendaftar beasiswa di Taiwan itu mudah.

Lalu apa kesulitannya?

Meski tidak disebutkan pendaftar harus memiliki IPK ataua nilai TOEFL tersebut akan tetapi persaingan antar pendaftar sangatlah ketat, toefl 550 atau IPK 3,- akan sangat membantu anda untuk bersaing dengan pendaftar yang lain. Ini kesulitannya, karena tidak ada patokan khusus mengenai persyaratan nilai IPK dan TOEFL kita tidak bisa memastikan apakah IPK dan TOEFL kita sudah mencukupi persyaratan penerimaan terlebih untuk beasiswa di NTUST tersebut, serta untuk mendapatkan professor (di NTUST kita diwajibkan sudah harus mempunyai adviser atau pembimbing semenjak kita datang diTaiwan, kenapa? karena untuk jurusan tertentu seperti engineering, Master Thesis sudah mulai dikerjakan semenjak semester pertama dibawah bimbingan adviser) kita butuh motivasi yang sangat kuat dan background yang relavant untuk bisa diterima menjadi anak bimbingnya (based on true story) Itulah kesulitannya.

Lalu bagaimana dengan pendaftar dengan pemilik IPK yang belum sampai seperti tersebut diatas? tenang, masih ada kesempatan bagi para pendaftar dengan IPK sedang (seperti saya) bagaimana? naikkan nilai TOEFL anda, buatlah PLAN of STUDY semenarik mungkin, percayalah where there is will, there is way :mrgreen:

TIPS yang mungkin membantu mempermudah bagi anda untuk diterima adalah naikkan TOEFL setinggi-tingginya, mencari Professor sebelum anda mendaftar, pastikan anda sudah mempunyai professor tujuan yang akan menjadi adviser anda selama menempuh studi di NTUST, nah untuk pemilihan professor ini bisa anda pilih sesuai jurusan dan konsentrasi yang anda minati.

Daftar jurusan di NTUST bisa dilihat disini

Semoga Berhasil ^^

 

Penulis:

sooner or later it's over

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s